pemilu serentak 2019

Berita pemilu serentak 2019 selanjutnya yang akan dibahas adalah mengenai kekalahan survei pemilihan pada media sosial yang dialami oleh pasangan nomor 1 yaitu Jokowi dan Ma’Ruf. Bagaimana hasilnya? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Dimana saja survei sosial media ini dilakukan?

Baru-baru ini ada hal yang kurang menyenangkan yang didapatkan oleh TKN atau Tim Kampanye Nasional Jokowi dan juga MA’RUF. Pasalnya belakangan diadakan sebuah survei mengenai elektabilitas pasangan calon presiden dalam pemilu 2019 mendatang pada beberapa media sosial. Hasilnya cukup mencengangkan karena pada 3 situs media sosial pasangan Jokowi MA’RUF mendapatkan pemilih kurang dibandingkan dengan pasangan lawannya.

 Hasil polling survey elektabilitas media sosial pemilu 2019

Media sosial yang digunakan untuk melakukan survei ini antara lain adalah Twitter, Instagram dan juga Facebook. Dari ketiga media sosial ini survey yang dilakukan di Twitter memiliki jarak pemilih yang paling besar. Berikut ini adalah hasil surveinya.

  • Media sosial Facebook

Pada media ini diketahui bahwa pasangan nomor urut 1 mendapatkan polling sebesar 42.4% dimana pasangan nomor 2 mendapatkan polling sebesar 42.9%. Untuk media sosial ini sebanyak 14.7% penggunaannya belum menentukan pilihan.

  • Media sosial Instagram

Sedangkan untuk Instagram, jarak pemilihan makin besar dimana nomor urut 1 hanya mendapatkan polling sebesar 39.1% sedangkan untuk pasangan nomor urut 2 mendapatkan polling sebesar 48.9% dimana 12% dari penggunanya tidak menentukan keputusannya.

  • Media sosial Twitter

Yang paling parah adalah media sosial Twitter dimana pasangan nomor urut 1 hanya mendapatkan polling sebesar 29.5% sedangkan untuk pasangan nomor urut 2 mendapatkan pemilih sebesar 59.2% sisanya belum memilih.

Reaksi TKN mengenai hasil polling elektabilitas 2019

Lalu bagaimana reaksi TKN mengenai berita pemilu 2019 tentang polling media sosial tersebut? Menurut mereka polling tersebut tidak memiliki hasil yang valid. Pasalnya tidak semua masyarakat Indonesia memiliki akun Instagram. Bukan hanya itu, menurutnya meski tidak unggul di media sosial pasangan yang mereka usung memiliki keunggulan di rakyat langsung. Hal ini merupakan reaksi dari TKN menyambut berita pemilu 2019 mengenai kekalahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *