Spandek Atap Rumah

Spandek atap – Di zaman yang semakin berkembang ini, semakin banyaknya inovasi – inovasi yang bermunculan dari berbagai macam barang yang ada mulai dari barang yang kecil hingga barang yang besar salah satunya seperti atap ini. Atap menjadi salah satu area yang sangat penting dalam membangun rumah. Karena sebagai pelindung dari sinar matahari dan hujan yang akan turun. Nah, bagi Anda yang masih bingung apa sih spandek atap itu. Di artikel ini akan menjelaskan lebih lengkap mengenai spandek atap yang sedang diminati masyarakat.
Apa Itu Spandek Atap ?
Spandek atap merupakan salah satu atap rumah yang bahan dasarnya merupakan campuran dari bahan seng serta alumunium. Spandek atap ini juga menjadi lebih banyak diminati sebagai sarana pengganti atap genteng tanah liat yang biasanya dijadikan sebagai penutup atas rumah. Komposisi pembuatan spandek atap ini gak hanya seng dan alumunium saja tapi menggunakan juga silicon. Komposisinya berupa seng 43 %, alumunium 55 % dan selebihnya itu merupakan silicon. Dari penggabungan bahan dasar tersebut, terproduksilah sebuah atap spandek yang sekarang banyak dipakai sebagai atap rumah. Dengan kekuatan yang kokoh, ringan, awet serta mudah dibentuk inilah yang menjadikan masyarakat berpaling dari atap genteng yang dulunya menjadi primadona. Lapisan yang terdapat dari spandek atap ini sangatlah kuat dan tidak mudah korosi pula. Dengan bentuk yang bergelombang inilah akan lebih membantu Anda dalam pemasangan maupun pengerjaan manufaktur lainnya. Sangat cocok digunakan untuk atap pada masa yang semakin canggih ini. Spandek atap ini dapat bertahan hingga 20 tahun lamanya yang telah di klaim sebagai salah satu bahan material yang benar – benar awet dan memiliki daya tahan yang kuat. Mengapa bisa di klaim seperti itu ? Karena atap spandek ini tahan akan rayap, anti keropos hingga anti pecah juga loh. Sangat menguntungkan bukan jika Anda menggunakan spandek atap ini sebagai atap pada rumah Anda atau bangunan lainnya. Tak hanya itu saja, ternyata spandek atap ini anti karat juga karena terdapat campuran baja yang dipercaya awet dan tahan lama juga. Nah, informasi berikutnya mengenai pemasangan spandek atap yang benar agar Anda tidak kewalahan saat pemasangannya. Yuk disimak penjelasannya.
Pemasangan Spandek Atap Yang Benar
Setiap material atau barang sudah pasti pemasangannya berbeda – beda dari yang satu dengan yang lainnya. Termasuk pula spandek atap ini. Pemasangannya juga harus melalui beberapa tahap agar spandek atap dapat bertempat di posisi yang benar tanpa adanya kesalahan atau kerusakan dikemudian hari. Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana pemasangan spandek atap yang benar. Yuk mari disimak penjelasannya dibawah ini sebagai berikut.
a. Terlebih dahulu Anda lakukan pengukuran jarak tumpuan antara satu tumpuan dengan tumpuan yang lainnya.
b. Desain pula kuda – kuda baja ringan untuk peletakannya. Hal ini dimaksudkan untuk dapat menahan atap disaat pemasangan, kemiringan atap, serta penentuan panjangnya top chord. Tetapi jika Anda ragu, Anda dapat meminta bantuan ahli pemasangan atap spandek dan untuk memperhatikannya secara detail agar Anda memahami.
c. Waktunya memasang kuda – kuda yang telah selesai di desain.
d. Setelah selesai memasang kuda – kuda, saatnya pemasangan reng baja ringan yang diwajibkan sesuai dengan penutup atap agar setiap lebar daun dan atap sesuai dengan penutup atapnya pula.
e. Pemasangan spandek atap, diusahakan serapi mungkin agar tidak mengalami kebocoran saat pemasangan telah selesai.
f. Tahapan terakhir yaitu pemasangan rabung, nok pinggir atap, flashing dan pemasangan. Usahakan pemasangan ini sangat rapi, teliti dan kuat ya agar kualitas dari atap Anda rasakan dengan baik dan sempurna tanpa adanya kecacatan.
Informasi yang diberikan ini semoga dapat bermanfaat bagi Anda dalam pemasangan maupun pengenalan spandek atap di kehidupan sehari – hari ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *