tes bahasa inggris toefl

Beasiswa ke Inggris memberi kesempatan bagi yang ingin meneruskan pendidikan ke negara tersebut tanpa mengeluarkan banyak biaya. Tentu Anda tertarik mencoba peruntungan itu, bukan?

Tips Mendapatkan Beasiswa ke Negara Inggris

Seperti yang kita tahu, Inggris mempunyai kualitas pendidikan yang sangat baik. Sehingga, tidak heran bila ia masih menjadi negara tujuan para pelajar dari berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia untuk melanjutkan studi. Beberapa dari mereka memanfaatkan beasiswa untuk mewujudkan hal tersebut. Tapi, tidak sembarang orang bisa mendapatkannya. Oleh karena itu, bila Anda berminat, simak tips berikut:

Meningkatkan Kemampuan Akademik

Bagi yang belum tahu, negara-negara di Eropa memang tidak terlalu mengagung-agungkan peraih nilai tinggi. Dengan kata lain, IPK bukan segalanya untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Inggris. Tapi, tetap saja, Anda tidak boleh mengabaikan kemampuan akademik. Sebab, itu merupakan syarat umum untuk memperoleh kesempatan melanjutkan pendidikan di sana. Oleh karenanya, persiapkan serta tingkatkan kecakapan akademik bila ingin lolos beasiswa tersebut.

Mengikuti Organisasi

Beberapa lembaga pemberi beasiswa biasanya melirik mereka yang pernah atau sedang bergabung dalam organisasi. Ini menunjukkan bahwa orang tersebut tidak hanya dinilai dari skill akademik, tapi juga bagaimana ia berbaur dengan sesama. Jadi, untuk memperbesar peluang diterima kuliah ke Inggris, sebaiknya Anda mengikuti organisasi, baik di dalam maupun luar sekolah.

Menjadi Relawan Sosial

Selain bergabung dalam suatu organisasi, Anda juga perlu mempunyai pengalaman menjadi relawan sosial. Sebab, negara di Eropa, salah satunya Inggris, sangat menyukai pendaftar yang gemar dengan kegiatan tersebut. Hal itu juga berlaku bagi yang ingin mendapatkan beasiswa dari dalam negeri.

Melatih Kemampuan Berbahasa Inggris

Supaya pengajuan beasiswa diterima, Anda harus memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik. Dibuktikan dengan cara menyerahkan sertikat tertentu atau dites langsung oleh pendonor. Untuk yang pertama, jelas mengacu pada hasil tes bahasa Inggris TOEFL IBT. Skor minimalnya ditentukan oleh pemberi beasiswa. Tapi, umumnya berada di atas 70. Untuk mengejar hal tersebut, tentu Anda harus rajin melatih kemampuan bahasa dari sekarang.

Surat Rekomendasi

Salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa kuliah ke Inggris adalah menunjukkan surat rekomendasi dan wawancara dari orang yang memberi rekomendasi. Dalam hal ini, temukanlah orang yang dapat memberi alasan bahwa Anda layak memperoleh beasiswa. Namun, pastikan mereka memiliki kompetensi dan paham mengenai rekam jejak Anda dengan baik. Bisa dari kalangan pengajar, kampus atau atasan kantor bila sudah bekerja.

CV Memiliki Nilai Jual

Membuat curriculum vitae yang baik dapat memperbesar kemungkinan Anda lolos mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Inggris. CV yang baik harus bisa menggambarkan diri pendaftar dengan jelas, tapi tetap disampaikan secara singkat, padat dan informatif. Maka dari itu, belajarlah membuat CV dengan benar, jangan melakukannya asal-asalan.

Menulis Esai

Ada beberapa program beasiswa yang mewajibkan calon pendaftar untuk menulis esai dengan topik tertentu. Namun, tidak bisa asal tulis, melainkan harus dilatih dengan baik supaya tulisan yang dihasilkan sesuai tema serta menarik dibaca dan membuat Anda memperoleh kesempatan kuliah gratis di Inggris.

Melanjutkan pendidikan dengan dana siswa, khususnya di negara berjuluk The Black Country sebetulnya mudah. Asal Anda mengetahui tips supaya lolos beasiswa ke Inggris, sebagaimana dituangkan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *